Sabtu, 15 Oktober 2011

PONDOK PESANTREN TERPADU DARUL FALAH BENGKALIS

Pondok Pesantren Darul Falah terletak di desa Pematang Duku di Jalan Pesantren RW 02 RT 04 Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau. kira-kira 1 km dari jalan besar desa Pematang Duku.
Pondok Pesantren ini dibuka pada tahun 2004, Pondok Darul Falah 
ini yayasan di bawah naungan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)
akan tetapi pada tahun 2009 yayasan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) telah menyerahkan Ponpes Darul Falah kepada Pemkab Bengkalis untuk dikelola agar lebih baik. Alhamdulillah sekarang Ponpes Darul Falah sudah ambil alih oleh pemda Kabupaten Bengkalis
Keadaan Santri
Santrinya kebanyakan berasal dari Kabupaten Bengkali yakni : Bengkalis, Rupat, Rupat Utara, Dumai, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Mandau. dan ada juga yang dari kabupaten lain seperti Kabupate Meranti dan Tanjung Balai Karimun,yang menyantri di ponpes darul falah Bengkalis
Kurikulum
Materi wajib yang diberikan kepada santrinya adalah belajar nahwu-shorof dalam membaca arabb gundul. Di pagi dari pukul 7.30 sampai dengan 12.30 wib belajar materi yang umum yang di bawah naungan dinas dan Kemenag, sedangkan pada sorenya dari pukul 14.00 samapi dengan 16.00 wib materi tentang Pondok diantranya : Tahfiz Al-quran, nahwu, shorof, Imlak, Al-hadist, tarih islam, dan lain-lain. Pada malam harinya juga ada sebagian santri ada yang melajar Burdah, Maulid Habsi.
Program tambahan
program tambahan Ponpes Darul Falah yakni pada kegiatan Muhadoroh, pramuka, kaligerafi, tahfiz, kompang, rebana dan olah raga. Alhamdullilah ponpes Darul Falah Sekarang ini udah bikin nama baik kabupaten Benkalis, beberapa santri mengikuti MTQ untuk mewakili kabupate bengkalis ke MTQ tingkat Propinsi, bahkan juga ada salah satu santri mewakili Propinsi Riau untuk MTQ tingkat Nasional pada cabang Fahmil Quran.
 Rencana Kedepan
Ingin menjadikan Pondok Darul Falah menjadi Pondok unggulan di kabupaten Bengkalis, dan menjaikan santrinya bisa bermanfaat untuk masyarakat kabupaten Bengkalis.

0 komentar:

Posting Komentar